Home / Uncategorized

Minggu, 13 Desember 2020 - 18:08 WIB

LSM Menyoroti Telur Busuk Yang Beredar Dalam Bantuan BPNT Di Kabupaten Pinrang

Pinrang berita-terkini.com–Lagi, pelaksanaan penyaluran bantuan sembako kepada masyarakat lewat program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di kabupaten Pinrang kembali disorot oleh sejumlah kalangan di daerah ini, pasalnya menurut informasi dari dua lembaga LSM setempat yakni LSM P2B dan LSM Kompak menyebut bahwa kali ini yang menonjol adalah salah jenis produknya berupa telur ayam ras.

Ketua LSM Pemuda Pinrang Bersatu (P2B) Andi Bahrun Patau kepada media ini menyebutkan bahwa berdasarkan penelusuran ditingkat agen dan Kelompok Penerima Manfaat ( KPM ) untuk wilayah selatan kabupaten Pinrang ditemukan sejumlah telur yang tidak layak konsumsi alias busuk dan pecah ” Kami melakukan penelusuran di tingkat agen mandiri saat penyaluran ke KPM dan kami temukan sejumlah telur yang tidak layak konsumsi beberapa diantaranya busuk dan berulat termasuk juga banyak yang pecah ” katanya.

Hal ini tentu sja menurut Andi Bahrun menambahkan sangat merugikan masyarakat selaku penerima manfaat dari program ini ” ini tentu saja dampaknya bisa merugikan bagi warga kurang mampu yang menjadi sasaran dari program BPNT ini dan kami bersama dengan LSM Kompak akan terus mengawal program ini di kabupaten Pinrang” sebutnya.

Sejumlah agen yang dimintai tanggapannya terkait hal ini menyebut bahwa jenis sembako yang disalurkan ke KPM berupa beras dan telur memang bersumber dari pihak suplayer selaku penyedia barang dan tak menampik bahwa sejumlah barang berjenis telur yang disalurkan tersebut ada yang dalam kondisi rusak ” yang dibagikan kemasyarakat itu adalah 35 butir telur dan 15 kg beras per KPM kami hanya menerima barang dari pihak suplayer dan itu didasarkan pada nota yang ada dan bila ada yang kami temukan dalam kondisi tidak layak maka langsung kami sampaikan baik itu kepada pendamping yang telah di tunjuk ataupun biasanya kami juga langsung ke pihak suplayer untuk di gantikan ” kata beberapa agen tersebut.

Pihak Suplayer untuk wilayah selatan kabupaten Pinrang yang diketahui adalah Wahyuddin dari CV. Marannu yang dimintai klarifikasinya via telephon terkait masalah ini menjelaskan bahwa khusus produk sembako jenis telur tersebut dirinya sudah berupaya semaksimal mungkin menyalurkan produk telur yang baik dan layak hanya saja diakuinya bahwa terkadang tak bisa terkontrol semuanya apalagi jenis telur ini jumlahnya bisa mencapai ribuan butir.

” Sejauh ini kami sudah berupaya maksimal dalam menyediakan kebutuhan barang yang layak untuk program ini, dan khusus jenis telur ayam kami melibatkan beberapa peternak di daerah ini, nah terkadang kami kewalahan mengontrol setiap butirnya karena memang yang kami layani itu mencapai ribuan KPM untuk wilayah ini ” sebutnya.

Terkait keluhan yang ada, pihaknya mempersilahkan kepada agen penyalur yang menemukan kondisi barang yang diterima tidak layak konsumsi untuk segera melaporkan kepada pendamping masing- masing agar segera ditindak lanjuti ” olehnya kami berharap apabila masih ada agen mandiri atau KPM menerima barang yang tidak layak tersebut maka segera laporkan kepada pihak agen dan pendampingnya masing-masing untuk segera kami tindak lanjuti dengan mengganti yang dianggap tidak layak tersebut, karena memang kami siap untuk ganti bila benar ada yang tidak layak” katanya.

WahyuddiƱ menambahkan bahwa pihaknya juga mempertanyakan terkait masih adanya KPM yang menjadi tanggung jawabnya, berdasarkan data yang ada belum kesemuanya ambil barang melalui pihaknya. ” Kami juga mempertanyakan utamanya kepada pihak agen bahwa dari 8000 an KPM yang semestinya kami layani, berdasarkan data transaksi yang ada sama kami baru sekitar 6000 an lebih yang ambil barang sama kami, dan sisa KPM yang lain itu suplai produknya dari mana ” katanya. ( TM/red)

BAGIKAN BERITA INI :

BACA BERITA LAINNYA :

Uncategorized

LSM Paku Sayangkan Vonis Bebas H. Hatta Di Pengadilan Tipikor, Kejaksaan Negeri Pinrang Pastikan Bakal Kasasi

Uncategorized

Melalui Vicon, Kapolda Sulsel Hadiri Rapim TNI-Polri 2021, Bahas Penanganan Covid-19

Uncategorized

Terkait Insiden Pesawat Sriwijaya Air SJ182, Pemred Berita-Terkini.com Ikut Belasungkawa.

Uncategorized

Ucapan Selamat Dan Sukses Muktamar Ke-IX Partai Persatuan Pembangunan Mewarnai Sudut Kota Pinrang

Uncategorized

Pelayanan Samsat Wajo Terkesan Lambat.Ada Apa??? Ini Kata Kanit Regident

Uncategorized

Dalam Memperingati Hut PDIP Yang Ke-48 Hj.Kartini Lolo Menanam Pohon Di Paria Kab.Pinrang

Uncategorized

Pengurus Masjid Babul Jannah Menggelar Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442 H/2020 M

Uncategorized

Air Minum GARISMA Alkaline Water Makin Diminati Masyarakat